Sabtu, 26 Januari 2013

MEMATIKAN DAN MENGHIDUPKAN LISTRIK OTOMATIS


 

Anda pengguna Kwh meter prabayar ?
Pelanggan PLN yang baru atau pelanggan lama yang telah  migrasi dari listrik paska bayar menjadi prabayar, atau mereka yang menaikkan daya listrik . Untuk saat ini maka pastilah akan memakai Kwh meter yang prabayar kayak handphone.
Ada banyak keuntungan dengan menggunakan Kwh ini, disamping kerugian tentunya. Yang jelas dengan Kwh meter paska bayar kita bisa ngutang dulu, bahkan didaerah terpencil, pegunungan misalnya, mereka yang nunggak ndak bayar listrik hingga 3 bulan tetap enjoi aja, nggak bakalan diputus alirannya oleh petugas, maklumlah rasa kekeluargaan antara pelanggan dan petugas sangat kental sehingga mereka tak sampai hati untuk mutus aliran. Mau maksa suruh bayar  bagaimana, buat makan saja masih susah. 
Walaupun teorinya jika nunggak sampai 1 bulan aliran akan diputus, tapi prakteknya PLN sebagai pemegang monopoli stroom di tanah air nyatanya ndak sekejam itu.
Pada Kwh meter prabayar merk Itron terdapat sejumlah kode2 untuk seting stroom. disamping yang sudah tertera pada lembar manual yang disertakan pada saat penggantian meter listrik ada juga sejumlah kode2 lain yang tak kalah manfaatnya antara lain :

 37 Sisa Kwh
38 Energi Kumultif
41 Tegangan Saat Ini
47 Daya Sesaat
54 Kredit Token Terakhir Yang Diterima
55 Kredit Token Terakhir Ke-2 Yang Diterima
56 Kredit Token Terakhir Ke-3 Yang Diterima
57 Kredit Token Terakhir Ke-4 Yang Diterima
58 Kredit Token Terakhir Ke-5 Yang Diterima
59 Kredit Kwh Terakhir
60 Kredit Kwh Terakhir Ke-2
61 Kredit Kwh Terakhir Ke-3
62 Kredit Kwh Terakhir Ke-4
63 Kredit Kwh Terakhir Ke-5
78 Durasi Alarm (Waktu Tunda Dapat Diatur Melalui Papan Tombol Dengan Kode 123???, Dengan ??? = Waktu Dalam Menit)
79 Alarm Batas Rendah Kredit (Peringatan Batas-Rendah Kredit Dapat Diatur Melalui Papan Tombol Dengan Kode 456??, Dengan ?? = Energi Dalam Kwh, Minimum 05 Kwh.

Sebenarnya masih banyak kode2 yang diperlukan oleh pelanggan misalnya menghidupkan dan mematikan ( on / off ) secara otomatis aliran listrik ketika kita bepergian. Contoh kita pas pergi beberapa hari dan rumah kosong blong maka kita bisa mematikan lampu2 pada pukul 6 pagi dan akan hidup lagi dengan sendirinya pada pukul 6 sore. Sehingga di malam hari rumah ndak gelap gulita, atau pada siang hari lampu terus terusan nyala yang efeknya boros listrik, ntar dimarahi bang Dahlan.
 Kode yang bisa dipakai misalnya :
431???? untuk on stroom dengan ? menunjukkan jam dan menitnya.
Misal kita ingin menghidupkan semua sistem kelistrikan dirumah kita pada pukul 17.30 alias jam setengah enam sore maka setingnya :
4311730   atau :
531???? untuk off stroom dengan ? menunjukkan jam dan menitnya.
Misal kita ingin mematikan listrik pukul 05.15 , maka setingnya :
5310515
Namun seting on / off semacam itu saya tanya2 ke kawan2 yang jadi awak stroom ternyata belum di program oleh pabrikan. Yaahhhh ... terpaksalah masih pakai sistem manual

Mungkin ada yang punya saran ...?



7 komentar:

  1. Beli alatnya aja bang di toko elektronik,gak nyampe 100rb kwok

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Kalau nama tehknik saya ndak tau, tapi fungsinya timer tinggal di set waktu on dan off nya saja...

    BalasHapus
  4. Bisa juga dg menggunakan sensor cahaya yg di pasang pd instalasi lampu teras, saat intensitas matahari melemah di sore hari dg sendirinya rangkaian ini akan aktifkan lampu teras - begitu pula sebaliknya....

    BalasHapus
  5. Gan mau nanya nih tulisan di lcd kw tiba" hilang sendiri ya jdi ngedip" solusinya gimana ga.... Thnk

    BalasHapus